Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Sukamara: Banyak Usaha Kreatif Yang Bisa Dikembangkan

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Maret 2021 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sekda Sukamara, Sutrisno mengatakan bahwa banyak usaha kreatif masyarakat yang bisa dikembangkan. Mulai dari kerupuk basah hingga minyak kelapa asli yang diproduksi masyarakat Kecamatan Pantai Lunci.

"Potensi kita itu banyak sekali, tinggal tingkat inovasi kita menjangkau tidak dalam ekonomi kreatif. Makannya kita harus bisa berfikir kreatif," kata Sutrisno, Senin, 8 Maret 2021.

"Contoh seperti minyak kelapa yang ada di pantai, sekarang harga munyak kelapa asli itu jauh lebih mahal dari kelapa sawit, karena ini sudah langka," ujarnya.

Dia menuturkan, di Kecamatan Pantau Lunci, banyak tanaman kelapa. Oleh sebab itu, ia menyarankan agar hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan cara pengemasan yang baik, sehingga bisa bersaing dan dilirik di pasaran.

"Kreatifitas ini harus kita tumbuhkan dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), supaya masyarakat kita bisa berinovasi dalam melihat peluang," ujarnya.

Selain itu, dinas teknis juga harus bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat, agar potensi yang ada bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Diketahui, Pemkab Sukamara akan membentuk TPAKD dengan melibatkan berbagai intansi terkait seperti perdagangan, perikanan, perijinan dan pihak terkait lainnya.

"Nanti akan menjadi sebuah tim yang membantu ekonomi masyarakat dengan menggeliatkan usaha-usaha kecil yang ada di masyarakat," ujarnya.

Dengan keberadaan TPAKD ini, tambah dia, berbagai sektor usaha masyarakat diharapkan bisa berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan terus menggali berbagai kreatifitas yang bisa dipasarkan. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru