Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kawasan Lama Dinilai Lebih Rawan Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Maret 2021 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai kawasan lama yang belum terbakar lebih rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada tahun ini.

“Jika dilihat memang kawasan yang terbakar sudah 3 sampai 5 tahun yang lalu lebih rawan terbakar. Karena bahan bakarannya sudah tinggi,” kata Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng Sri Suwanto melalui Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) Achmad Sugianor, Selasa 9 Maret 2021.

Ia menjelaskan, bahan bakaran tersebut bisa berupa tumbuhan kering, maupun tumpukan sisa daun serta bagian tumbuhan yang sudah mati.

Sugianor juga melihat dari pengalaman kawasan yang baru saja terbakar pada tahun sebelumnya sangat jarang sekali kembali terjadi kebakaran.

“Jadi jika dilihat titik titik yang kemarin terbakar jarang terbakar lagi. Kalaupun sampai terjadi kebakaran di titik yang sama pasti tidak sampai parah,” ungkapnya.

Sugianor mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang juga turut mendukung suksesnya penanganan Karhutla beberapa tahun terakhir, melalui rekayasa cuaca.

“Langkah pembuatan hujan buatan saat mendekati kemarau cukup sukses. Jadi masih ada bibit-bibit awanm berbeda jika sudah benar benar kamarau panas yang sudah tidak ada bibit awan hujan,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru