Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disarpustaka Kapuas Ikuti Rakornas Bidang Perpustakaan Secara Virtual

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Maret 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas mengikuti rapat koordinasi nasional atau Rakornas secara virtual, untuk memenuhi undangan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rakornas tersebut diikuti oleh Sekretaris Disarpustaka Kabupaten Kapuas Ansyari beserta jajarannya.

"Kegiatan Rakornas bidang perpustakaan tahun 2021 ini diselenggarakan pada tanggal 22-23 Maret 2021 dengan narasumber yaitu Menteri Dalam Negeri," kata Ansyari, Selasa 23 Maret 2021.

Dalam Rakornas tersebut, diketahui sesuai dengan RPJMN 2020 - 2024 dan RKP Tahun 2022 yang mengusung tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan tetap menjadi program prioritas nasional.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan budaya “literasi, inovasi, dan kreatifitas" bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter. 

Dalam memperkuat budaya literasi harus ada usaha-usaha terintegrasi dari hulu ke hilir yang melibatkan berbagai sektor dan sumber daya.

Sisi hulu penguatan budaya literasi adalah peran eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam hal penyediaan anggaran, memperkecil ketimpangan rasio antara jumlah penduduk dengan buku yang tersedia di masyarakat, menyiapkan regulasi distribusi bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan  masyarakat pedesaan dan beberapa hal lainnya.

Hilir penguatan budaya literasi adalah pengembangan budaya kegemaran membaca, serta peningkatan akses dan kualitas layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Untuk itu, di dalam memperkuat budaya literasi Indonesia dipentingkan integrasi dan sinergi seluruh stakeholder di pusat dan di daerah, agar ekosistem masyarakat berbudaya literasi dapat segera di wujudkan.

"Melalui Rakornas bidang perpustakaan tahun 2021, dibangun komitmen bersama dan ruang berbagi pengalaman antar pelaku pembangunan perpustakaan dan pegiat literasi di pusat dan di daerah," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru