Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditjen Perbendaharaan: Belanja Pemerintah Berhasil Dorong Pemulihan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2021 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, Hari Utomo mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi saat ini telah menunjukkan tren pemulihan. Salah satu yang berhasil mendorong pemulihan ekonomi menurutnya ialah belanja yang dilakukan pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Hari Utomo dalam Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema Strategi Fiskal dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis, 25 Maret 2021.

"Pemerintah berperan sebagai sentral pemulihan, menjadi satu-satunya komponen yang tumbuh positif. Komponen pengeluaran lainnya menunjukkan arah perbaikan," kata Hari Utomo secara virtual.

Menurut Hari, arah pemulihan ini akan terus didorong lebih cepat di 2021 countercyclical, melalui APBN yang  program vaksinasi tetap yang efektif, dan PEN yang diperkuat.

"Tahun 2021 dibuka dengan optimisme karena beberapa alasan. Salah satunya ialah meredanya Perang Dagang AS dan Tiongkok, kemudian dimulainya masa transisi Brexit, dan postur APBN 2020 dengan defisit rendah 1.76% PDB yakni Rp 307,2 triliun," bebernya.

Bahkan pada Februari-Maret, lanjut Hari, Covid-19 mulai mengubah confidence dan arah perekonomian global maupun Indonesia secara drastis.

"Pandemi Covid-19 ini memberikan tekanan kepada perekonomian baik dari sisi supply maupun demand. Kinerja ekonomi menurun tajam karena konsumsi terganggu, investasi terhambat, ekspor-impor terkontraksi. Pertumbuhan ekonomi kita melambat bahkan menurun tajam," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru