Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ajarkan Ibadah Sejak Dini, SD IT Al-Madaniyah Samuda Gelar Ujian Munaqasah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Maret 2021 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebagai upaya mengajarkan ibadah terhadap anak sejak dini, Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Al-Madaniyah Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar ujian munaqasah untuk siswa kelas VI. 

"Ujian munaqasah ini sebagai salah satu syarat kelulusan bagi siswa, karena sekolah kami salah satu SD berciri khas agama Islam," ujar Kepala SD IT Al-Madaniyah Samuda, Mutaqin Saufi, Rabu, 31 Maret 2021. 

Ujian tersebut diikuti seluruh siswa, yakni 44 orang. Kegiatan digelar sejak Senin, 29 Maret 2021 hingga Sabtu, 3 April 2021 mendatang. 

Pelaksanaan tersebut dilakukan cukup panjang, karena pihak sekolah harus membagi beberapa kelompok untuk setiap harinya. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menghindari kerumunan, ditengah pandemi Covid-19. 

"Pelaksanaan ujian ini kami lakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, karena hal itu lebih utama demi kesehatan siswa," kata Mutaqin. 

Materi yang diujikan selain hafalan juz 30, juga praktek wudhu, salat, membaca Al-Qur’an, hafalan doa harian dan amalan-amalan ibadah lain.

Ujian munaqosah tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampil dalam beribadah. Sehingga, menjadi bekal bagi kehidupan mereka untuk menjalani kewajiban sebagai ummat manusia yang merupakan ciptaan Allah. Selain itu, juga diharapkan mencetak generasi Islam yang unggul dalam beribadah.

Pelaksanaan ujian tersebut diapresiasi para orang tua siswa. Bahkan mereka sangat senang, karena anaknya sudah paham dengan ilmu agama. 

"Ilmu agama Islam wajib dilaksanakan, dan apa yang dilakukan pihak sekolah, kami sangat bangga," terang Baihaqi. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru