Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Tamiang Layang Segera Miliki Alat PCR Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 April 2021 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - RSUD Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur segera mengadakan alat tes laboratorium polymerase chain reaction atau PCR covid-19.

"Secepatnya kita akan usahakan, nanti di bawah kendali dokter spesialis patologi klinik serta analis laboratorium," kata Direktur RSUD Tamiang Layang, Vinny Safari Djala, Kamis, 1 April 2021.

Menurutnya, memiliki alat PCR sendiri akan memudahkan RSUD Tamiang Layang dalam melakukan pemeriksaan sampel swab pasien. Bahkan dalam sehari, bisa dilakukan 3 sesi pemeriksaan dengan hasil yang dapat diketahui hari itu juga.

"Selama ini untuk mengirim ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya saja memakan waktu satu hari, belum lagi antrian di sana karena sampel yang dikirim dari berbagai daerah. Swab test yang dilakukan hari Senin, bisa hari Jumat baru kita ketahui hasilnya," jelas Vinny.

Dia menambahkan, dengan keberadaan alat PCR nanti, evaluasi epidemiologi juga dapat dilakukan setiap hari sehingga pencegahan penyebaran covid-19 semakin optimal.

Selain alat PCR, Pemkab Barito Timur juga akan membeli GeNose yang akan ditempatkan di RSUD Tamiang Layang dan seluruh puskesmas.

GeNose adalah alat deteksi covid-19 melalui hembusan nafas yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada melalui teknologi kecedasan buatan. Orang yang diperiksa menghembuskan nafas ke kantong sekali pakai untuk kemudian dianalisis oleh GeNose.

"Kalau kami di RSUD cuma satu saja GeNose-nya, nanti akan ditempatkan di UGD karena disana yang butuh cepat," tandas Vinny.

Diketahui, hingga hari ini akumulasi positif covid-19 Barito Timur berjumlah 926 kasus. Rinciannya, 787 orang di antaranya telah sembuh, 127 orang masih dalam perawatan, dan 12 orang meninggal dunia.  (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru