Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Padati Pelabuhan Danau Mare Saksikan Acara Laluhan Peringati Hari Jadi ke-218 Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 April 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Warga memadati kawasan Pelabuhan Danau Mare untuk menyaksikan acara ritual adat Laluhan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-73 Pemkab Kapuas pada Senin, 29 April 2024.

Dimulainya Laluhan saat sejumlah kapal/perahu besar diiringi ratusan kapal kecil penggiring yang dihias membawa rombongan Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi bersama unsur Forkopimda dan lainnya berlabuh dari pelabuhan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir menuju ke Pelabuhan Danau Mare.

Setibanya di Pelabuhan Danau Mare itulah, sudah ditunggu juga sejumlah para kepala SOPD dan masyarakat. Saat kapal sudah hampir merapat ke pelabuhan tersebut, terjadilah aksi saling lempar batang suli antara penumpang kapal dan rombongan yang berada di pelabuhan.

Momen itulah merupakan puncak tradisi Laluhan yang mana masyarakat nampak juga bersemangat menyaksikan dan sebagian mengikuti aksi lempar batang suli yang telah disiapkan, sehingga berlangsung meriah.

"Ini merupakan rangkaian memeriahkan HUT Kapuas, dengan tetap kita melestarikan budaya dan adat kearifan lokal," kata Erlin.

Kegiatan ini juga akan memecahkan Rekor Muri, yakni kegiatan Ritual Adat Laluhan dengan batang suli dan perahu terbanyak. (DODI/j)

Berita Terbaru