Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Usulkan Pembangunan Pelabuhan Utama ke Pemerintah Pusat

  • Oleh Donny Damara
  • 07 April 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka meningkatkan akselerasi perekonomian dan mendukung program food estate di Kalteng, Pemprov Kalteng mengusulkan pembangunan pelabuhan utama kepada pemerintah pusat.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan sampai dengan saat ini, Kalteng masih belum memiliki pelabuhan utama sehingga pengangkutan hasil produksi food estate sekarang ini hanya melalui pelabuhan bahaur yang merupakan pelabuhan ASDP penyeberangan.

"Salah satu lokasi strategis, yang telah kami usulkan melalui Kementerian Perhubungan pada Rapat Koordinasi Gubernur Se-Indonesia beberapa waktu lalu adalah Pembangunan Pelabuhan Utama di Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur," ujarnya, Rabu, 7 April 2021.

"Untuk itu kami mohon dukungan kepada Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invenstasi agar dapat mendorong percepatan penyusunan studi kelayakan dan pembangunan Pelabuhan Utama di Kalteng," jelasnya.

Diungkapkannya, berdasarkan Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN), Kalteng saat ini telah memiliki 6 pelabuhan pengumpul, 2 pelabuhan regional dan 5 pelabuhan lokal.


"Hal ini juga tentunya memerlukan kajian strategis dari Kementerian Perhubungan RI untuk mendukung pembangunan pelabuhan utama di Kalteng," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru