Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seekor Orangutan Berumur 8 Tahun Dievakuasi di Jalan Jendral Sudirman Km 14 Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 April 2021 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor orangutan berumur 8 tahun, dievakuasi dari kebun warga yang berada di Jalan Jendral Sudirman Km 14, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat terkait keberadaan orangutan. Sehingga, WRU SKW II bersama yayasan Orangutan Fondation International (OFI) melakukan rescue," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Jumat, 09 April 2021.

Berat orangutan yang dievakuasi tersebut yakni 30 kilo gram. Lokasi tempat ditemukannya hewan dilindungi tersebut di areal sekitar tempat pembuangan sampah (TPA) yang berada di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Awal mula evakuasi ini dilakukan, karena mendapatkan laporan dari warga bahwa orangutan tersebut sering muncul di sekitar Kantor UPTD Pengelolaan Sampah, sehingga dilakukan observasi dan benar ditemukan seekor orangutan.

Setelah itu barulah datang tim dari WRU SKW II dan OFI untuk melakukan evakuasi. Evakuasi sendiri cukup sulit. Karena pohon yang menjadi tempat orangutan tersebut cukup tinggi.

Sehingga pihaknya lebih dulu memburu hewan ini hingga orangutan tersebut lari ke pohon yang lebih rendah. Setelah itu barulah ditembak bius satu kali. "Hanya 1 kali bius orangutan ini bisa kami evakuasi," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru