Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Tips Mengatur Isi Kulkas dengan Makanan Sehat

  • Oleh Teras.id
  • 13 April 2021 - 12:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Niat menjalani gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan mengisi kulkas dengan makanan sehat. Tapi, yang sering terjadi adalah melupakannya sampai berminggu-minggu dan akhirnya tak layak dikonsumsi lagi. Jangan sampai kesalahan menyimpan ini membuat niat makan sehat jadi batal. 

Pakar nutrisi WW (Weight Watchers) Jaclyn London, berbagi lima tips mengatur lemari es untuk mendukung hidup lebih sehat. 

1. Pasangan makanan sehat 

Kadang-kadang waktu jadi penghalang untuk menikmati makanan sehat. Untuk menyederhanakan hidup dan meringkas camilan, simpan camilan favorit di laci yang sama. 

Salah satu caranya adalah membuat tusuk sate buah segar. Cukup cuci dan potong buah favorit dengan ukuran sedang, lalu simpan di kulkas. Sate buah ini bisa dimakan kapan saja.

2. Kategorikan dan beri label makanan

"Apa pun yang bisa dilakukan untuk menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan dan camilan harian, lakukanlah," kata London.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah mengatur, menyimpan, dan beri label makanan menurut jenisnya.

Ini membuat makanan sehat lebih cepat dan lebih mudah ditemukan dan makanan tidak sehat lebih mudah dihindari, menurut Cleveland Clinic. 

3. Simpan makanan bergizi di rak tengah 

Apa gunanya makanan sehat jika ternyata sulit ditemukan Agar lebih bermanfaat, simpan makanan dan camilan sehat seperti sayuran, buah-buahan, atau minuman tanpa pemanis di rak tengah, rak yang paling mudah terlihat. 

Simpan juga air putih di rak tengah. Banyak orang mengira rasa haus sebagai lapar. Jadi sebelum makan sesuatu, ada baiknya minum terlebih dahulu. 

Perhatikan juga keamanan makanan. Beberapa makanan perlu tetap di suhu yang tepat agar selalu segar. Berikut panduan cepat. 

London menyarankan menyimpan sayuran hijau, selada, dan apa pun yang sudah dipotong atau diiris sebelumnya di laci yang lebih dingin.

Daging, makanan laut, unggas, susu dan telur, ditambah sisa sayuran, harus diletakkan di tengah lemari es, ke bagian belakang. Itu bagian yang paling dingin jadi bagus untuk menyimpan dalam waktu lebih lama. 

Pintu lemari es bisa digunakan untuk menyimpan bumbu, es kopi, anggur, dan apa pun yang aman pada suhu kamar.

Berita Terbaru