Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diperlukan Mekanisme Kontrol Masyarakat Awasi Penggunaan ADD dan DD

  • Oleh Uriutu
  • 14 April 2021 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Diperlukan mekanisme kontrol masyarakat untuk mengawasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).  Hal tersebut disampaikan Sekda Barsel, Eddy Purwanto, Rabu, 14 April 2021.

Sekda mengatakan, pada tahun 2021 ini setiap desa mendapatkan ADD dan DD cukup besar.

Tantangan terbesarnya, lanjut dia, keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa. Mampukan desa mengelola dana sebesar itu

Menurutnya, kekhawatiran muncul jika dana tersebut disalahgunakan. Namun demikian pihaknya tidak menutup mata terkait keterbatasan SDM untuk mengelola keuangan desa tersebut.

“Untuk itu lah diperlukan mekanisme kontrol dari masyarakat untuk mengawasi penggunaan ADD dan DD agar sesuai peruntukan yakni meningkatkan pembangunan di desa,” jelas dia.

Untuk itu, lanjut dia, penyelenggaraan pemerintahan desa dituntut agar lebih akuntabel yang didukung dengan sistem pengawasan dan keseimbangan antara Pemdes dan BPD.

Ia membeberkan, BPD mempunyai fungsi penting untuk menyiapkan kebijakan Pemerintahan Desa bersama kepala Desa.

Karena, lanjut dia, adanya kewenangan BPD untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja Kades.

“Kewenangan tersebut saya minta untuk dijalankan sungguh-sungguh karena BPD merupakaan jelmaan atau wakil masyarakat desa. Terutama dalam hal penggunaan keuangan desa,” harap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Area lampiran

Berita Terbaru