Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimisme Masyarakat Beri Sinyal Positif Pemulihan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 April 2021 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mencermati perkembangan ekonomi terkini serta meningkatnya optimisme masyarakat terhadap program vaksinasi Covid-19, memberikan sinyal positif bahwa pemulihan ekonomi daerah Triwulan I-2021 masih berlangsung.

"Data Google Mobility Report sampai dengan Maret 2021, yang menunjukkan mobilitas masyarakat Kalteng di tempat umum menunjukkan peningkatan terutama pada kategori Grocery & Pharmacy yakni Pasar, Supermarket, dan Apotek, serta kategori Transit Stations yakni Halte, Terminal, dan bandara," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando pada Senin, 19 April 2021.

Hal ini menurut Rihando mencerminkan pulihnya aktivitas masyarakat yang diperkirakan akan mendorong konsumsi Rumah Tangga pada Triwulan I-2021.

"Demikian halnya apabila ditinjau dari sisi sektoral, kinerja beberapa lapangan usaha (LU) utama Provinsi Kalteng mengalami perbaikan. Pada LU perdagangan, kinerja sektoral diperkirakan membaik seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat dan program vaksinasi yang diselenggarakan. Demikian halnya pada LU konstruksi, dampak Proyek Nasional Strategis Food Estate Kalteng turut mengakselerasi program pembangunan jalan dan irigasi tahun 2021 khususnya di Kabupaten yang menjadi lahan PSN Food Estate," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Kinerja LU pertambangan juga diprakirakan mengalami peningkatan kinerja seiring dengan perbaikan harga batu bara dan meningkatnya aktivitas industri di beberapa negara mitra yang mengalami pemulihan ekonomi lebih cepat. Hal yang sama juga terjadi pada LU pertanian dan industri pengolahan yang tetap tumbuh positif didorong masih terjaganya permintaan CPO domestik seiring berlanjutnya program B30 serta tetap tingginya permintaan CPO global terutama Tiongkok dan memburuknya produksi minyak nabati lain dari negara penghasil di Amerika Selatan yang turut mendongkrak harga CPO global.

"Sebagai upaya menjaga momentum pemulihan ekonomi yang tengah terjadi di daerah khususnya pada pandemi, KPwBI Kalteng mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik dan kanal pembayaran QRIS (QR Code Indonesian Standard) sekaligus meminimalisir kontak fisik," jelas Rihando lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru