Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendala Penanganan Covid-19 di RSUD Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 20 April 2021 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, drg Dwi Agus Setijowati mengungkapkan pasien covid-19 di Kabupaten Barito Utara terus bertambah.

Hal ini menjadi kendala dalam penanganan pasien terkonfirmasi covid-19 yang dilakukan di RSUD Muara Teweh.

Disampaikan Dwi Agus Setijowati bahwa ruang covid-19 yang telah ada di RSUD Muara Teweh berkapasitas 50 orang pasien. “Kemarin terisi sebanyak 47 tampat tidur,” ungkapnya, Selasa 20 April 2021.

Selain itu, ada juga ruang untuk pelayanan penanganan pasien yakni di lantai 5 rumah sakit dengan kapasitas mencapai 50 orang.

“Akan tetapi karena privasi meminta satu kamar, jadi kapasitasnya hanya bisa dihitung menjadi 32,” katanya.

Apabila nantinya pasien covid-19 semakin bertambah, kata dia, tidak dipungkiri nantinya akan memecah. Kapasitas akan tetap digunakan dengan 50 tempat tidur.

Nantinya, katanya lagi, kalau ada pasien Covid-19 yang bergejala sedang berat akan di alihkan ke ruang Aster dengan mampu menambah kapasitas tempat tidur sebanyak 9 (sembilan).

“Ruang antara life mampu ditabah dengan 6 (enam) bed diluar dan di salasar 3 bed,” ungkapnya.

Menurutnya, kapasitas tempat tidur hanya mampu menambah 9 tempat tidur. Jadi untuk  ruang Aster sekarang ini sudah terisi sebanyak 29 orang pasien.

“Inilah yang menjadi kendala, apabila nantinya pasien COVID bertambah banyak, kematian tambah banyak, karena pasien datang dengan sudah kategori terlambat. Dia sudah mulai sesak baru datang ke rumah sakit. Itu yang menjadi kematian bisa langsung 3 sampai 4 dalam satu hari,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru