Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Momen Hari Kartini, Wakapolda Kalteng: Polwan Harus Menjadi Cermin Polri Yang Humanis

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 21 April 2021 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Momen Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi mengatakan bahwa Polwan harus menjadi cermin Polri yang humanis serta menjadi contoh masyarakat dalam emansipasi wanita.

Wanita juga berpeluang menjadi pemimpin dan memiliki andil dalam kemajuan dan keamanan negara.

Ida Oetari mengungkapkan seiring berkembangnya zaman peran Polwan terus berkembang dan tidak hanya menangani kasus kejahatan terhadap anak maupun wanita. Kini peran Polwan bahkan masuk di berbagai tugas polisi pria. 

"Dalam perjalanannya, Polwan di kepolisian menghadapi banyak kendala, seperti dianggap sebagai pemanis atau pelangkap saja. Namun belakangan, banyak Polwan yang prestasinya terbukti sangat luar biasa melalui kompetensi yang benar-benar memadai," kata Wakapolda, Selasa 20 April 2021.

Meski begitu, lanjut Wakapolda, Polwan tetap harus memiliki tanggung jawab dalam rumah tangga dan tidak melupakan kodratnya sebagai ibu di rumah. Polwan harus bisa menyeimbangkan diri antara pekerjaan dan rumah tangga. 

Dalam momentum Hari Kartini, Polwan Polda Kalteng telah melakukan sejumlah kegiatan ke masyarakat, diantaranya pembagian takjil dan penyuluhan lewat webinar tentang stop kekerasan terhadap perempuan dan anak.  

“Perempuan adalah roda penggerak keluarga dan anak adalah harapan untuk masa depan. Namun peran dan posisinya perempuan seringkali dianggap lebih rendah dari pada laki - laki sehingga lebih rentan menerima perlakuan kekerasan baik fisik, psikis, seksual dan penelantaran," ungkap Wakapolda.

Melalui webinar pihaknya mengajak kepada peserta dan masyarakat agar meningkatkan kepedulian untuk memastikan tidak ada lagi kekerasan maupun pelecehan terhadap perempuan dan anak.

“Jaya terus Polwan Indonesia, terkhusus Polwan yang berada di Polda Kalteng. Terus berkarya dan menampilkan hasil terbaik. Selalu berbagi kepada semua wanita di Indonesia,” tegasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-5)

Berita Terbaru