Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kronologis Belasan Warga Diduga Keracunan Makanan di Desa Lamunti Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 April 2021 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Belasan warga Desa Lamunti, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas diduga mengalami keracunan setelah mengonsumsi makanan buka puasa bersama. Mereka harus mendapatkan perawatan di puskesmas setempat.

Kapolsek Mantangai, Iptu Catur Winarno, Rabu, 21 April 2021, memantau langsung kondisi warga yang mengalami gejala keracunan sembari mengumpulkan keterangan saksi.

Catur mengatakan, menyebutkan acara buka puasa bersama itu dilakukan di Desa Lamunti RT 04, Kecamatan Mantangai pada Selasa, 21 April 2021.

"Buka puasa bersama tersebut dihadiri kurang lebih 30 warga," kata Catur.

Untuk yang menyediakan takjil berbuka puasa, ada 5 warga yang mendapatkan jadwal giliran dengan masing-masing menyumbangkan makanan yang berisikan nasi putih, lauk telur dengan di masak merah, dan mie kriting telor yang dioseng.

"Kemudian takjil tersebut dibagikan sebelum acara buka bersama, sebagian ada yang dimakan di musala dan sebagian dibawa pulang warga," ucapnya.

Hingga akhirnya, sekitar pukul 22.00 WIB sebagian warga berdatangan ke Puskesmas Desa Lamunti karena mulai merasakan gejala keracunan dengan keluhan seperti pusing, sakit perut dan diare.

"Adapun warga yang mengalami keluhan pusing, sakit perut dan diare berjumlah 15 orang dan dirawat di puskesmas lamunti sebanyak 13 orang dan 2 orang dirawat di rumah. Mulai dari anak, hingga orang dewasa," tuturnya.

Adapun untuk barang bukti yagn diamankan berupa sampek makanan. Dan itu akan dilakukan pengujian Dinas Kesehatan Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru