Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Murung Raya Jelaskan Mekanisme ASN Menjadi Calon Kepala Desa

  • Oleh Trisno
  • 21 April 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Murung Raya (Mura) bakal dihelat pada 9 Juni 2021. Ramainya pencalonan Kades yang akan dilaksanakan di 62 desa ini juga diisi bakal calon dari aparatur sipil negara (ASN) dan sedikitnya ada lima orang di beberapa desa yang mengikuti persaingan.

Sampai saat itu, karena minimnya informasi dan sosialisasi, banyak kalangan masyarakat yang memperdebatkan mekanisme dan aturan ASN menjadi Bakal Calon Kepala  Desa.

Terkait itu perihal tersebut, Sekretaris Daerah Mura, Drs Hermon menyampaikan bahwa adanya calon dari ASN merupakan hak semua orang yang berminat mengabdikan diri dalam rangka turut membangun desa.

Namun demikian dirinya mengatakan bahwa ada beberapa persyaratan teknis yang harus dilakukan, selain juga persyaratan yang terkait dalam Permendagri sebagaimana kewajiban yang harus dipenuhi.

“Salah satunya seperti harus mendapat izin langsung dari pimpinan yakni Bupati Mura. Saat ini sudah ada lima bakal calon dari ASN yang sedang dalam proses semuanya, jika memenuhi aturan akan kita ikut sertakan,” jelasnya, Rabu kemarin di Puruk Cahu.

Kemudian untuk tahapan kini sudah berlangsung bahkan sampai saat itu telah masuk tahapan pencabutan nomor urut peserta bakal calon dan mengharapkan nantinya Pilkades ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Dirinya mengingatkan, agar pada pelaksanaan nantinya, pesta demokrasi ditingkat desa yakni pilkades serentak masyarakat dapat memilih kades yang betul-betul berkualitas dan dapat membawa perubahan di desanya masing-masing.

“Meski demikian, jangan lupa akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang saat ini menjadi kewajiban bagi kita semua serta agar pada pelaksanaannya nanti tidak ada hal yang dapat mengganggu kelancaran kegiatan tersebut,” pungkasnya. (Trs)

Berita Terbaru