Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Ini Minta Masyarakat Hindari Pernikahan Dini

  • Oleh Donny Damara
  • 26 April 2021 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng yang juga Ketua Komisi III, Duwel Rawing meminta kepada masyarakat khususnya Kalteng supaya menghindari kasus pernikahan dini.

"Angka perceraian di Kalteng sangat tinggi. Ini dipicu akibat dampak dari pernikahan dini. Tentu hal seperti ini harus dihindari jika hendak menikah harus siap terlebih dahulu secara lahir maupun batin," ucapnya, Senin, 26 April 2021.

Dijelaskannya, ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan dini, salah satunya yaitu faktor ekonomi seperti putus sekolah dan juga penggunaan medsos yang cukup menguatirkan di kalangan remaja.

"Yang sangat menguatirkan yaitu dampak negatif pacaran remaja yang kelewat batas, sehingga mengakibatkan hamil diluar nikah, ini juga faktor yang sering terjadinya pernikahan dini," tuturnya.

Dirinya berharap kepada pemerintah, masyarakat serta para orang tua supaya bisa membentengi generasi muda agar tidak banyak lagi terjadi kasus pernikahan dini.

Di sisi lain. kata dia, pemerintah juga sudah nenetapkan aturan atau ketentuan usia untuk menikah. Akan tetapi, jika hal yang tidak dikendaki seperti hamil duluan terpaksa harus dinikahkan.

"Jika tidak dinikahkan maka tidak baik juga, namun dampak yang didapatkan yaitu akhirnya bercerai karena belum siap membina rumah tangga," jelasnya.

"Dampak buruk lainnya juga akibat itu tidak jarang anak yang dilahirkan mengalami stunting, jadi ini yang harus diantisipasi, jangan sampai ada lagi pernikahan dini di kalteng ini," tegasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru