Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Kalteng Masih Berpotensi Hujan Masyarakat Diminta tak Mambakar Lahan

  • Oleh Donny Damara
  • 26 April 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini Kalteng sudah memasuki musim kemarau, namun tidak menutup kemungkinan daerah ini masih berpotensi terjadinya hujan.

Namun meski demikian masyarakat tetap diminta agar tidak membakar lahan yang bisa mengakibatkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Meski cuaca di Kalteng masih berpotensi terjadinya hujan, masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi yang dapat menimbulkan kebakaran lahan sekitar," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, Kibue, Senin, 26 April 2021.

Dia mengharapkan, kepada pihak Kabupaten/Kota supaya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan untuk mencegah, menanggulangi dan mengurangi akan terjadinya Karhutla.

"Mari kita bermasa-sama menjaga wilayah kita, dengan memberikan arahan dan pengertian untuk tidak membakar lahan baik untuk pertanian ataupun hal lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan Noor Aswad mengatakan dalam upaya pencegahan terjadinya karhutla, semua peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran baik mesin, selang, saffety personel pemadam kebakaran dan operasional lainnya dipastikan semuanya berfungsi.

Selain peralatan siap pakai, personel juga siap bergerak bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran. "BPBPK Kalteng terus berupaya dan berusaha untuk meminimalisir munculnya hotspot," ujarnya.

"Kami berharap di tahun ini untuk pencegahannya lebih sedini mungkin, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya terjadi kebakaran besar­-besaran di wilayah Kalteng, kita lebih tingkatkan koordinasi pada dinas terkait untuk upaya pencegahan karhutla," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru