Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Sebut Kenaikan Harga TBS Periode April 2021 Menjadi Harga Tertinggi Sejak 5 Tahun Terakhir

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Mei 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah ditetapkannya harga Tandan Buah Segara (TBS) sawit di Kalteng dan dinyatakan naik menjadi angin segar bagi para pengusaha kelapa maupun petani sawit.

Plt. Dinas Perkebunan (Disbun) Kalteng, Sri Suwanto melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Evangelis mengatakan kenaikan harga TBS pada periode April 2021 menjadi harga tertinggi semenjak 5 tahun terakhir di Kalteng.

"Salah satu penopang utama perekonomian yaitu komoditi kelapa sawit ini terus mengalami kenaikan harga," ujarnya, Jumat, 7 Mei 2021.

"Dengan adanya kenaikan tersebut, diharapkan para pekebun dapat menerima penghasilan yang lebih baik," tambahnya.

Selain itu, diharapkan juga sebagian dari penghasilan yang diterima bisa digunakan untuk menopang kehidupan.

Selanjutnya, sebagian bisa dibelanjakan untuk pembelian sarana produksi pemeliharaan tanaman guna lebih meningkatkan produksi dan capaian potensi produktivitas kebun.

Disisi lain, dengan adanya kerja sama kelompok tani dengan pihak pabrik minyak sawit, diharapkan harga TBS petani sudah sesuai dengan harga normal dan tidak dipermainkan lagi oleh para tengkulak.

"Sehingga kesejahteraan kelompok tani kelapa sawit melalui kerja sama ini hendaknya dapat terwujud," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru