Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP PKK Barito Utara Serahkan Zakat Mal

  • Oleh Ramadani
  • 07 Mei 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Barito Utara, Sri Hidayati Nadalsyah menyerahkan zakat mal, Jumat, 7 Mei 2021. Sasarannya yakni lansia, Muslimat NU, dan guru PAUD TK Alquran.

Adapun penyerahan zakat mal tersebut berupa 180 paket sembako dan uang tunai. Penyerahan dilakukan secara simbolis dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

“Kami ingin berbagi rezeki kepada penerima yang berhak. Terlebih saat ini pandemi covid-19 masih melanda dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat,” kata dia.

Dia menambahkan, umat muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat. Dan ada dua macam zakat yang wajib dibayarkan yaitu zakat mal dan zakat fitrah.

Zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama dan telah mencapai syarat-syarat. Di antaranya telah mencukupi nishab, bebas dari hutang, dan sampai haulnya.

“Pelaksanaan zakat mal adalah menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan secara mandiri,” ucapnya.

Dijelaskannya penyerahan zakat mal dari keluarga H Nadalsyah dilakukan secara mandiri yakni langsung kepada golongan yang berhak menerima. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru