Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kronologi Kemunculan Virus Corona B.1.617 di Kalteng

  • Oleh Hendri
  • 09 Mei 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Varian baru B.1.617 Virus Corona ditemukan telah menginfeksi pasien di Kalimantan Tengah (Kalteng). Virus baru tersebut ditemukan dari pasien yang dirawat di Palangka Raya.

"Dari tiga sampel yang berasal dari RSUD Palangka Raya, satu di antaranya pasien yang berdomisili di salah satu mess perusahaan di Gunung Mas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, kepada Borneonews, Minggu 9 Mei 2021.

Awalnya, pada tanggal 19 dan 20 Maret telah diambil sampel dari pasien Covid-19 yang diduga varian baru.

Ketiga sampel tersebut selanjutnya dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI untuk dilakukan pemeriksaan.

Pada tanggal 8 Maret 2020, Dinkes Provinsi Kalteng kembali mengirim enam sampel pasien covid-19 yang berasal dari Kabupaten Kapuas sebanyak 4 sampel, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 sampel dan Kabupaten Kotawaringin Barat 1 sampel.

Suyuti mengatakan, Laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI telah melakukan pemeriksaan sampel tersebut dan dinyatakan positif sebagai varian B.1.617 SARS-Cov-2.

"Sampai saat ini pemberitahuan resmi hasil pemeriksaan dari Kementerian Kesehatan RI belum diterima," jelasnya.

Meski begitu, hasil komunikasi dengan Kepala Laboratorium Litbangkes didapatkan informasi bahwa hasil pemeriksaan yang beredar melalui media sosial merupakan hasil pemeriksaan resmi.

Hasil tersebut masih merupakan laporan pendahuluan yang dimaksudkan sebagai bahan paparan Menteri Kesehatan RI.

Hasil pemeriksaan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pelacakan epidimiologis dan pemeriksaan serologis.

Dinkes Provinsi Kalteng, Dinkes Kota Palangkaraya dan Direktorat Jenderal P2
Kementerian Kesehatan RI sedang berkoordinasi untuk melakukan pelacakan epidemiologis dan pengambilan darah pasien untuk pemeriksaan serologis.

Setelah hasil pelacakan epidemiologis dan pemeriksaan serologis dilakukan, maka hasil pemeriksaan adanya varian B.1.617 SARS-Cov-2 akan disampaikan secara resmi melalui surat ke Kadinkes Provinsi Kalteng oleh Dirjen P2 Kemenkes RI.

Tidak perlu panik

Dia mengingatkan, masyarakat tidak perlu panik dengan ditemukannya varian B.1.617 SARS-Cov-2 di Kalteng. Protokol kesehatan sampai saat ini masih sangat ampuh mencegah penularan virus covid-19 termasuk varian yang baru.

"Masyarakat hanya perlu memastikan telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar serta tidak menyentuh wajah jika tidak yakin tangannya dalam keadaan bersih," tutupnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru