Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jajanan Takjil yang Beredar di Kobar Aman dari Bahan Berbahaya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Mei 2021 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan pemeriksaan 53 sampel acak jajanan berbuka puasa atau takjil dari berbagai lokasi di Kabupaten Kotawaringin Barat, Loka Pengawasan Obatvdan Makanan (POM) Kobar menyatakan bahwa takjil yang beredar dianggap aman dan layak konsumsi oleh masyarakat.

Kepala Loka POM Kobar Kodon Tarigan, Senin, 10 Mei 2021 kegiatan pengumlulan sampel takjil ini dilakukan dari awal Ramadan.

"Setelah diteliti, 53 sampel yang masuk, tidak ditemukan adanya pangan yang mengandung bahan berbahaya yaitu formalin, boraks, rhodamine B dan metanil yellow," jelasnya.

Kodon mengatakan pengawasan ini dilakukan untuk memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat, khususnya selama Ramadan.

"Selain itu Loka POM Kobar juga mengintensifkan pengawasan pada produk pangan yang dijual disarana distribusi baik toko pasar dan supermarket," jelasnya.

Kodon mengatakan penjual barang pangan juga diharapkan untuk  selalu teliti mengecek tanggal kadaluarsa dan bentuk fisik kemasannya agar barang yang dijualnya aman dikonsumsi masyarakat.

"Selain itu masyarakat sebagai konsumen juga harus memiliki kesadaran untuk memilih produk pangan yang aman. Selalu lakukan langkah-langkah Cek KLIK yaitu cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar dan cek kedaluarsa saat membeli atau mengonsumsi produk pangan olahan dalam kemasan," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru