Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

WBP Lapas Kelas IIB Muara Teweh Diberikan Pelatihan Pertukangan Las Listrik

  • Oleh Ramadani
  • 25 Mei 2021 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Barito Utara bekerja sama dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas IIB Muara Teweh menggelar kegiatan bimbingan kemandirian pelatihan pertukangan las listrik bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan bimbingan kemandirian ini dibuka oleh Kepala Dinas Nakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara, M Mastur dan dihadiri Kepala Bapas Kelas IIB Muara Teweh, Plh Kalapas Kelas IIB, Kabid Ketenagakerjaan, dan Kepala UPT BLK.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 24 Mei sampai 8 Juni 2021 di aula Bapas Kelas IIB Muara Teweh. Dalam kegiatan tersebut instruktur dari Disnakertranskop UKM Barito Utara, praktisi pelaku Usaha Las Listrik.

Kegiatan bimbingan kemandirian pelatihan pertukangan las listrik ini diikuti peserta sebanyak 20 orang yang berasal dari warga binaan pemasyarakatan Kelas IIB Muara Teweh.

Mastur mengatakan ini meningkatnya jumlah pengangguran yang sebagian besar diantaranya adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang rendah.

“Oleh sebab itu diperlukan perhatian yang serius dari pemerintah untuk dapat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” katanya.

Pelatihan ini terdiri dari pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi dan pelatihan tenaga kerja berbasis masyarakat. Pelatihan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan las listrik.

Menurutnya para peserta akan diberi ketrampilan las listrik, dengan harapan materi pelatihan yang disampaikan nanti dapat menjadi bekal yang berguna bagi para peserta, baik bekal keterampilan atau dapat membuka lapangan kerja secara mandiri dan para peserta diharapkan dapat mengembangkan diri di tempat. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru