Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim 1017 Lamandau Buka Pendaftaran Komcad Matra Darat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Mei 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komando Distrik Militer (Kodim) 1017/Lmd membuka rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun 2021. Hal itu diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 1017/Lmd Letkol Inf Hafes Is Jafrin, Jumat, 28 Mei 2021.

Dandim menyebut, sesuai Pasal 1 UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang PSDN untuk pertahanan negara, komcad merupakan SDM yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi demi memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama.

"Tujuannya, negara ingin mempersiapkan sumberdaya manusia yang besar dan siap untuk memperkuat pertahanan (negara) kita," jelasnya. 

Rekrutmen Komcad tersebut bersifat terbuka untuk semua warga negara Indonesia (WNI) usia 18-35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi komponen cadangaan. Pendaftaran dapat dilakukan di markas Kodim atau melalui Koramil-Koramil. 

Dandim Hafes menyebut, ada beberapa persyaratan yang menjadi bahan seleksi, yakni syarat administrasi, jasmani, psikologi dan yang lainnya, serta tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia

"Untuk wilayah Kalteng memiliki kuota komcad untuk 600 orang," tukasnya. 

Diketahui, jika calon peserta komcad dinyatakan lulus dalam seleksi, calon komponen cadangan wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru