Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Santri Darul Amin Harus Jadi Pejuang Agama Islam

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Juni 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pondok Pesantren Darul Amin Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar wisuda dan tasyukuran angkatan ke XVI Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Aliyah (MA) putri. 

Dalam sambutannya, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amin Sampit Ustadz Ahmad Rayyan Zuhdi Abrar mengatakan, para santri harus memiliki jiwa dan hati sebagai pejuang agama Islam.

"Maksud dari pejuang bukanlah perang, namun bagaiman menjadi orang yang berjuang dalam memberikan ilmu agama yang telah dipelajari selama di Darul Amin Sampit kepada orang lain," ujar Ustadz Rayyan, Jumat, 04 Juni 2021.

Pesan tersebut adalah upaya untuk membangkitkan semangat para santri. Agar nantinya jangan sampai dalam kehidupan diluar pondok pesantren meninggalkan ilmu agama yang telah diajarkan.

"Saya harap ilmu agama yang telah diajarkan juga dibagikan kepada orang lain. Sehingga amal para kiai, ustadz, dan guru-guru di Darul Amin akan terus mengalir," kata Ustadz Rayyan.

Pimpinan Darul Amin tersebut juga mengungkapkan sesuai dalam Kitab Suci Al Qur'an, QS Al Mujadalah 11, yang artinya, "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu, (berlapang-lapanglah dalam majlis), maka lapangkanlah. niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, (Berdirilah kamu), maka berdirilah. Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

"Dari ayat suci Al Qur'an tersebut, maka santri jika disuruh berjuang saat di luar pondok, maka berjuanglah. InsyaAllah jadi orang sukses dunia akhirat," terang Ustadz Rayyan. 

Sementara, dalam kegiatan wisuda tersebut. Para santri menggelar kegiatan seremonial. Mulai dari membaca puisi murabbi almarhum KH Muhammad Abrar Dahlan, hingga kegiatan islami lainnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru