Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damkar Kobar Bergerak Cepat, Dikira Kebakaran Lahan, Ternyata Pembakaran Barang Kedaluwarsa

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Juni 2021 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dengan sigap, tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menuju lokasi informasi adanya kepulan asap tebal yang diduga lahan terbakar. Lokasinya di Kawasan Pialun, Dusun Karang Anyar, Kelurahan Mendawai, Kamis, 10 Juni 2021. Namun, saat tiba di lokasi, ternyata bersumber dari pembakaran benda-benda expired atau kedaluwarsa.

Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Kobar, Dwi Agus Suhartono mengatakan bahwa sekitar pukul 17.11 WIB, Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar menerima laporan ada kepulan asap membumbung tinggi dari salah seorang pemilik keramba di Bantaran Sungai Arut. Kemudian, Kasatpol PP pun menerusakan laporan tersebut ke Mako Damkar.

"Semula kepulan asap tersebut dikira sebagai kebakaran. Namun, setelah Tim Pendahulu Damkar tiba di lokasi sekitar pukul 17.38 WIB, ternyata penyebab kepulan asap itu diakibatkan oleh pembakaran barang-barang kedaluwarsa oleh salah satu supermarket yang ada di Jalan Pangeran Antasari, Pangkalan Bun," Kata Dwi Agus Suhartono.

Ia menerangkan, lokasi tersebut memang dikenal sebagai lokasi pemusnahan barang kedaluwarsa. Namun, dalam pelaksanaannya api sempat merembet ke tumpukan ban bekas yang lokasinya tak jauh dari titik pemusnahan.

Pembakaran barang-barang expired tersebut pada awalnya sudah melihat arah angin. Tetapi dalam perkembangannya, arah angin berbelok dan membakar sekitar 30 ban bekas yang ada di lokasi tersebut hingga menimbulkan kepulan yang terpantau dari Simpang Tiga Sungai Arut.

Dalam kesempatan itu, petugas damkar memberikan arahan kepada warga setempat untuk menjaga api agar tidak merembet. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru