Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Diingatkan Maksimalkan Alokasi Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Juni 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalangan Anggota DPRD Kalteng mengingatkan kepada setiap Pemerintah Desa (Pemdes) di Kalteng agar memaksimalkan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pemberdayaan masyarakat.

"Dana desa yang ada bukan hanya untuk melaksanakan pembangunan yang bersifat fisik saja. Namun juga, bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat," ucap Anggota Komisi III DPRD Kalteng, H Achmad Amur, Sabtu, 12 Juni 2021.

Dia mengatakan, hingga sampai saat ini sebagian besar aparatur desa dalam mengelola ADD masih kurang maksimal, karena hanya memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana saja.

Padahal, penggunaan ADD tidak hanya berhenti disitu saja. Akan tetapi salah satu yang sangat penting yakni pemberdayaan masyarakat sehingga dapat menciptakan SDM berkualitas.

Seperti contohnya, Pemdes menggelar pelatihan keterampilan bagi masyarakat desa dan juga membantu anak-anak desa yang putus sekolah supaya dapat mengikuti jalur paket A, B, dan C.

"Jika suatu desa memiliki banyak SDM unggul maka bukan hal mustahil desa itu akan maju. Harapan kita tidak ada lagi istilah desa tertinggal di Kalteng ini," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru