Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Miliki Peran Kunci Tingkatkan Kualitas Produk UMKM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Juni 2021 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pengamat Ekonomi Universitas Palangka Raya, Fitria Husnatarina menilai untuk penguatan kualitas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu peran pemerintah.

Menurutnya pemerintah perlu mempermudah birokrasi kemudian ditunjang dengan pelatihan dan bantuan modal keuangan untuk pelaku UMKM.

“Menciptakan kualitas membutuhkan cost yang banyak, jadi pemerintah harus mulai dari memangkas birokrasi, memberikan bantuan keuangan dan pelatihan,” tutur Fitria, Kamis 17 Juni 2021.

Setelah itu juga ditunjang dengan kemauan serta semangat UMKM sendiri untuk meningkatkan kualitas produk. Melalui kualitas produk nantinya juga akan menunjang kecintaan terhadap produk UMKM lokal oleh masyarakat.

 “UMKM pun harus memberikan pelayanan yang memuaskan. Jadi, produsen memberikan loyalitas yang melalui produk dan pelayanan terbaik, sehingga konsumen pun memiliki loyalitas yang sama,” jelasnya.

Dia juga menekankan UMKM tentang pentingnya melek teknologi di era digital seperti saat ini. Memanfaatkan berbagai platform digital dan media sosial untuk mengenalkan produknya ke masyarakat luas. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru