Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kearifan Lokal dan Seni Budaya Kalteng Diharapkan Tak Hilang Ditelan Perkembangan Zaman

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Juni 2021 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengharapkan kearifan lokal dan seni budaya tidak hilang ditelan perkembangan zaman.

Menurutnya semua itu harus bisa terus dilestarikan keberadaannya. Sebab kearifan lokal dan seni budaya merupakan salah satu warisan turun temurun dari sejak zaman dulu.

"Tidak hanya pemerintah yang mampu mempertahankannya, namun juga masyarakat khususnya kaum muda harus terus ikut serta dalam menjaganya," ucapnya, Jumat, 18 Juni 2021.

Dia mengatakan peran masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga kearifan lokal dan seni budaya di Kalteng ini agar semua itu tidak hilang begitu saja.

Meski zaman seperti sekarang ini terus berkembang, namun apa yang menjadi ciri khas serta adat istiadat daerah jangan sampai kalah dengan budaya luar.

Dia melanjutkan sebagai contoh seperti karungut, pernak-pernik, dan tarian khas suku dayak serta yang lainnya harus tetap bisa dipertahankan di provinsi ini.

"Kita harus sadar, bahwa penting bagi kita semua untuk terus menjaga kelestarian kearifan lokal dan seni budaya kita meski di tengah perkembangan zaman, supaya apa yang ditinggalkan nenek moyang kita bisa tetap bertahan," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru