Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Meningkatnya Covid-19 di Kobar Diduga karena Disiplin Prokes Menurun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 Juli 2021 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus mengalami peningkatan sejak beberapa pekan terakhir. Penyebabnya, diduga karena kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan mulai menurun.

Bupati Kobar Nurhidayah menyampaikan, jumlah kasus Covid-19 di Kobar saat ini mencapai 4.000 lebih. Kemudian, yang sedang menjalani isolasi mandiri ada ratusan orang. Tentu hal tersebut menjadi warning atau peringatan bagi semua masyarakat Kobar agar lebih disiplin terhadap prokes.

"Peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi, mungkin masyarakat sudah abai dengan protokol kesehatan sebab banyak ditemukan warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah," kata Nurhidayah, Jumat, 2 Juli 2021.

Berdasarkan data yang diperoleh Borneonews dari Tim Yustisi Covid-19 Kobar, tercatat dalam penegakan Perbup Kobar Nomor 54 Tahun 2020 pada Mei 2021, ada 538 orang terjaring razia operasi Yustisi pendisiplinan protokol kesehatan.

"Saya sampaikan, agar masyarakat taat akan imbauan pemerintah, memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, kalau tidak ada kepentingan mendesak keluar rumah agar di rumah saja," ujar Nurhidayah.

Bupati menjelaskan, kondisi saat ini sangat mengkhawatirkan. Apalagi, Covid-19 banyak variannya dan mulai tersebar dimana - mana. Bahkan, presiden telah menetapkan PPKM Darurat di pulau Jawa dan Bali.

"Mari disiplin prokes, jaga diri dan keluarga jangan sampai anggap remeh Covid-19. Sebab sudah banyak kasus orang meninggal karena Covid-19. Di Kobar sendiri kasusnya mencapai 80 lebih," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru