Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gairah Menikah Warga Sampit Menurun

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Juli 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Biasanya memasuki bulan zulhijah minat masyarakat melaksanakan nikah sangat tinggi. Namun tidak pada tahun ini. Di Sampit, Kotawaringin Timur, angka pengajuan nikah menurun dari tahun sebelumnya. 

Seperti yang terdata di Kantor Urusan Agama (KUA) Baamang. Kepala KUA Baamang, Ahmad Mulyadi menyebutkan, hingga saat ini baru ada 23 pasangan yang mendaftarkan diri untuk menikah. Itu dijadwalkan untuk tanggal 20 Juli 2021 atau setelah Iduladha. 

"Pada tahun ini pendaftar menikah memang menurun dari tahun-tahun sebelumnya," ungkap Ahmad Mulyadi, Senin 5 Juli 2021.

Biasanya dalam satu tahun ada sekitar 700 lebih pengajuan nikah. Namun tahun ini, baru 327 pengajuan. Padahal, sudah masuk bulan Juli. 

Salah satu penyebabnya adalah adanya pengetatan pengetatan peraturan pernikahan, akibat adanya pandemi ini. Pasangan calon pengantin lebih memilih menunda pernikahannya. 

Lanjutnya, meski pernikahan diizinkan namun berdasarkan surat edaran dari Kementerian Agama, ketika melaksanakan akad di rumah, maksimal dihadiri hanya 10 orang. 

"Kalau tidak memenuhi protokol kesehatan, misal tidak menjaga jarak atau tidak menyediakan tempat cuci tangan serta tak menggunakan masker maka nikahnya bisa kami undur," tegasnya.

Seperti diketahui, di dalam Agama Islam bulan zulhijah selain disebut bulan kurban, juga sering diyakini sebagai bulan baik untuk menikah. Dalam bulan itu tersimpan keutamaan bagi pasangan, dengan harapan, sepanjang kehidupan berumah tangganya diberkahi oleh Allah. (USAY/B-5)

Berita Terbaru