Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Slamet Winaryo: Guru Ujung Tombak Pendidikan

  • Oleh Apriando
  • 16 Juli 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS Palangka Raya - Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua I Pengurus Provinsi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo. Ia juga menyampaikan bahwa Keputusan pemerintah untuk menunda PTM sudah sangat tepat.

"Karena memang tidak memungkinkan di masa pandemi saat ini, untuk itu kita harapkan bagaimana agar PJJ ini dapat tetap berjalan dengan baik dan anak-anak dapat tetap mendapatkan pelayanan pendidikan sebaik mungkin," katanya 

Slamet menerangkan, dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, pemerintah mesti terus berinovasi dan mengevaluasi, sehingga pelaksanaan pelayanan pendidikan tersebut dapat dirasakan maksimal untuk peserta didik.

"Perlu dipikirkan oleh pemangku kebijakan dan pemberi layanan pendidikan, terutama terkait pendidikan moral dan pengembangan karakter siswa saat berada di sekolah," ungkapnya.

Menurutnya, guru bukan hanya memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para siswa saat pelaksanaan belajar. Guru juga berperan penting dalam mendidik karakter anak-anak. Untuk itu, selama PJJ ini peran guru sebagai pendidik karakter yang masih belum terlihat.

Ia mengharapkan, dalam pelaksanaan PJJ, pemerintah dapat melengkapi fasilitas pendukung bagi para siswa. Pelaksanaan PTM terbatas, sambung dia, memang dapat dilakukan saat kondisi sudah memungkinkan.

PTM terbatas dapat dilakukan pada wilayah-wilayah yang memang sudah memasuki wilayah aman menurut hasil rekomendasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

"PTM harus memperhatikan unsur keselamatan bagi siswa dan guru. Saat dilaksanakan, pemerintah dan sekolah sebagai penyedia layanan pendidikan harus memenuhi sarana dan prasarana keselamatan bagi para siswa dan guru," tuturnya. (APRIANDO/B-7)

Berita Terbaru