Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan PPKM Mikro, 101 Posko Dibangun di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Juli 2021 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka penanggulangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), pemerintah daerah melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kobar telah membentuk Posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di tingkat kelurahan dan desa. Totalnya, ada 101 posko.

Ketua Harian Covid-19 Kobar Tengku Alisyahbana menyampaikan,  berdasarkan intruksi Mendagri Nomor 17 Tahun 2021, wilayah Kobar saat ini masuk level 3 penyebaran Covid-19 di wilayah Kalimantan Tengah. Untuk itu, Satgas Covid-19 Kobar memperketat PPKM Mikro.

"Untuk memaksimalkan pelaksanaan PPKM Mikro dibangun 101 di tingkat desa dan kelurahanTingkat desa ada 83 Posko PPKM dan 13 Posko PPKM di tingkat kelurahan," kata Tengku Alisyahbana belum lama ini.

Kemudian, untuk support atau dukungan terkait dengan kegiatan Posko PPKM Mikro, sesuai intruksi Mendagri bahwa untuk posko PPKM Mikro di tingkat desa maupun kelurahan ini, sudah ada ditugaskan sesuai fungsinya baik pencegahan, penanganan dan pelaksanaan lapangan.

Adapun terkakt anggaran, juga disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan disiapkan berdasarkan ketentuan bahwa PPKM desa ini dianggarkan refocusing 8 persen  dari dana desa (DD). Sementara itu, di tingkat kelurahan sudah dirumuskan melalui APBD.

"Pelaksanaan PPKM Mikro tingkat kelurahan mekanismenya melalui APBD dan ini pun sudah ter floating anggaran di 13 Kelurahan tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan, pengetatan PPKM Mikro di tingkat desa dan kelurahan, pihaknya juga memberlakukan Lockdown Skala mikro. Seperti contohnya yang sudah di lockdown ialah di Kelurahan Madurejo ada 1 Rt, kemudian di Desa Pasir Panjang ada 2 Rt.

"Sejauh ini PPKM Mikro di tingkat desa dan kelurahan sudah berjalan, mudah - mudahan kasus Covid-19 di Kobar segera landai, karena melihat perkembangan saat ini memang kondisi Covid-19 di daerah kita lagi naik, kita sejauh ini sudah berupaya maksimal dalam rangka untuk penangan pasien Covid-19 termasuk penyembuhan," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru