Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Mengetahui Daging dan Jeroan Hewan Kurban yang Layak Dikonsumsi

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 21 Juli 2021 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pertanian Kotawaringin Timur gencar mendatangi lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban. Hal ini dilakukan guna memastikan kesehatan daging kurban sebelum sampai ke tangan masyarakat. 

Adapun yang menjadi perhatian petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang telah dipotong, yakni pada daging dan kondisi jeroan seperti hati dan limpa.

"Kalau daging, dilihat dari warnanya. Daging yang sehat memiliki warna merah yang cerah bukan pucat. Kalau pucat bisa terindikasi mengalami sakit," ujar Eko Haryoso, petugas pemeriksa hewan kurban, Dinas Pertanian Kotim, Rabu, 21 Juli 2021. 

Sedangkan pada jeroan seperti hati dan limpa, petugas akan memeriksa fisiknya. Lalu menekan-nekannya. Ini bertujuan mengetahui terdapat cacing pita pada organ bagian dalam hewan kurban itu. 

"Biasanya kita tekan, kalau terdapat cacing pita biasanya akan keluar setelah ditekan," ungkap Eko. 

Petugas Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, sudah berkeliling ke sejumlah tempat pemotongan hewan kurban di Sampit. Petugas juga mendata jumlah hewan kurban yang disembelih pada setiap tempat pemotongan hewan kurban. Sampai dengan saat ini terdata ada 76 titik pemotongan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan 52 titik di Kecamatan Baamang yang terpantau Dinas Pertanian Kotawaringin Timur. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru