Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keliaran di Kawasan Bandara Iskandar, Orangutan Seberat 90 Kg Dievakuasi BKSDA Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Agustus 2021 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seekor orangutan dengan berat 90 Kg tampak berkeliaran di pepohonan sekitar Bandara Iskandar Pangkalan Bun, tepatnya depan pintu masuk Cargo Bandara. Tak ingin ada hal yang tidak diinginkan terjadi, maka petugas BKSDA SKW II Pangkalan Bun melakukan evakuasi, Rabu 18 Agustus 2021.

Kepala Kantor BKSDA SKW II Pangkalan Bun Dendi Setiadi melalui Polisi Hutan (Polhut) Muda Yulivan mengaku menerima laporan adanya orangutan dari Lanud Iskandar Pangkalan Bun sekitar pukul 12.50 WIB. Lalu pihaknya menurunkan tim untuk mengatasi keberadaan orangutan tersebut agar tidak pergi.

"Jadi sekitar pukul 13.00 WIB tim tiba di Bandara dan melakukan pemantauan sembari menunggu tim lain untuk melakukan evakuasi," katanya.

Sekitar pukul 14.00 WIB, tim Rescue dari Orangutan Foundation Internasional (OFI) datang dan langsung melakukan evakuasi. Proses evakuasi cukup memakan waktu yang lama, karena karena Orangutan berada diatas pohon yang cukup tinggi.

"Hampir satu jam lebih kita melakukan evakuasi, karena Orangutan berada diatas pohon tinggi dan berpindah-pindah, sehingga kita lakukan tembak bius," ungkapnya.

Jenis kelamin orangutan ini jantan, kemudian untuk usianya pihaknya belum dapat memastikan, menunggu hasil pemeriksaan fisik oleh Dokter hewan.

Diduga orangutan ini keluar untuk mencari makanan. Memang hutan ini Auri tersebut merupakan habitat orangutan. Sebab dulu pernah ada laporan kemunculan orangutan, namun saat didatangai petugas orangitan sudah lari masuk hutan.

"Untuk selanjutnya, primata yang dilindungi ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan fisiknya, kemudian seperti yang sudah-sudah akan dilepaskan ke SM Lamandau, namun masih menunggu arahan dari Pimpinan," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru