Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Targetkan Penanganan Sampah Capai 70 Persen

  • Oleh Hendri
  • 18 Agustus 2021 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menargetkan 70 persen penanganan sampah di wilayah kota setempat hingga tahun 2025.

"Kami menargetkan tahun 2025 nanti, penanganan sampah dapat mencapai 70 persen, guna mewujudkan Kota Palangka Raya Bebas Sampah," kata Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini, Rabu 18 Agustus 2021.

Pemerintah Kota Palangka Raya telah menyusun kebijakan strategis daerah melalui peraturan Wali Kota Nomor 20 Tahun 2019 tentang kebijakan strategis menangani pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenis.

Sedangkan pengurangan sampah di industri telah dipetakan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Lingkungan Hidup Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

"Untuk sampah plastik kemarin para pelaku usaha supermarket dan toko modern sudah berkomitmen membatasi penggunaanya. Semoga semuanya bisa sejalan untuk mewujudkan pembangunan smart environment," ujarnya.

Dia juga menyebut timbulan sampah diwilayah Kota Palangka Raya itu tidak kurang dari 100 ton setiap harinya dengan didominasi sampah sisa makanan dan plastik.

Fokus yang menjadi tujuan dalam upaya pengurangan timbulan sampah tersebut yakni tekad untuk mewujudkan kota yang maju dan modern dengan pengajewatan misi pembangunan menuju lingkungan cerdas. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru