Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Daerah Diminta Gali Potensi Ekspor

  • Oleh Nopri
  • 20 Agustus 2021 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo meminta pemerintah kabupaten/kota agar dapat menggali potensi ekspor.

"Setiap wilayah tentunya memiliki potensi ekspornya masing-masing. Ini harus digali dan dikelola agar pertumbuhan ekonomi dapat berjalan dengan baik," katanya, Jumat 20 Agustus 2021.

Edy menjelaskan, sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan, seperti misalnya pada jenis tanaman hias dan buah-buahan.

Menurutnya, jenis-jenis tanaman hias seperti Janda Bolong dan Tanduk Rusa banyak tumbuh di Kalimantan Tengah. Dan itu memiliki nilai jual cukup tinggi. Hal ini tentunya menjadi potensi jika dikembangkan.

"Tanaman hias jenis tersebut banyak sekali di Kalteng. Mungkin kalau dijual di sini hanya Rp 50 ribu, tetapi ketika itu menjadi komoditi ekspor harganya bisa dua atau empat kali lipat, bahkan mungkin mencapai jutaan rupiah," ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Kalteng akan mencoba untuk memaksimalkan hasil-hasil pertanian dari program food estate untuk diekspor ke beberapa wilayah.

"Baik dalam bentuk pertanian padi, hortikultura, palawija, maupun sektor-sektor lainnya, seperti perikanan peternakan, dan sebagainya," tutupnya. (NOPRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru