Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Tumbang Penyahuan Direndam Banjir, Pelayanan Tidak Bisa Terlaksana

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Agustus 2021 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir yang melanda wilayah Utara Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berdampak dengan sejumlah fasilitas umum di daerah tersebut.

Seperti di Desa Tumbang Penyahuan, Kecamatan Bukti Santuai. Di desa tersebut, puskesmas terpaksa tidak bisa melayani masyarakat di ruangan. Akibat banjir yang melanda daerah tersebut, dengan ketinggian hampir setengah dari bangunan.

Meskipun begitu, pihaknya tetap berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan meminjam ruangan di tempat lain, yang tidak terdampak banjir. 

"Memang hampir setiap tahun Puskemas Tumbang Penyahuan tersebut dilanda banjir, dan kami sudah instruksikan kepada kepala puskesmas, agar pelayanan tetap berjalan di lokasi yang berbeda, dan tidak banjir," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi, Selasa, 24 Agustus 2021. 

Dari informasi yang didapat Borneonews.co.id, tinggi banjir yang di daerah tersebut lebih dari 1 meter. Bahkan warga harus beraktivitas menggunakan perahu atau sampan. 

Di areal puskemas banjir juga membuat rumah dinas tenaga kesehatan terendam. Sehingga, mereka harus mencari tempat untuk beristirahat. 

"Rencana jangka panjang, kami masih mencari dataran tinggi untuk melakukan relokasi puskemas tersebut. Sehingga tidak lagi dilanda banjir," terang Umar. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru