Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur dan BSrE Sepakati Kerja Sama Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Agustus 2021 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur dan Balai Sertifikasi Elektronik atau BSrE Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI telah menyepakati pemanfaatan sertifikat elektronik untuk tanda tangan elektronik di lingkungan Pemkab Barito Timur.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan secara online menggunakan tanda tangan elektronik oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Barito Timur, Dwi Aryanto sebagai perwakilan Pemkab Barito Timur dan Kepala BSrE BSSN, Rinaldy.

Saat diwawancarai, Dwi Aryanto mengungkapkan, dokumen yang ditandatangani secara elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan manual.

"Tanda tangan elektronik juga memudahkan penandatanganan dokumen meski pejabat yang bersangkutan tidak berada di kantor atau sedang bertugas ke luar kantor," ujar Dwi di Tamiang Layang, Selasa, 24 Agustus 2021.

Keuntungan lain dari kerjasama itu, lanjut dia, otentifikasi atau validitasi dokumen dijamin oleh negara melalui sistem yang dikelola BSSN.

"Saya mengucapkan banyak berterima kasih kepada BSrE BSSN yang selama ini telah memberikan bimbingan kepada tim teknis Bidang Persandian dan Statistik, Diskominfosantik agar dapat mewujudkan sistem tanda tangan elektronik di Kabupaten Barito Timur, melalui web aplikasi E-sign Barito Timur,” tandas Dwi. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru