Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok, Jembatan di Jalan Kapten Mulyono Sampit Selesai Diperbaiki

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 26 Agustus 2021 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perbaikan jembatan di Jalan Kapten Mulyono Sampit sudah berjalan 90 persen. Bila sesuai target pengerjaan, besok 27 Agustus 2021, jembatan ini sudah normal kembali. 

"Besok selesai. Tapi mungkin belum bisa dilalui," kata Pengawas Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerja Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kotawaringin Timur, Suhardiono, Kamis 26 Agustus 2021. 

Kemungkinan Sabtu baru boleh dilalui oleh kendaraan roda empat. Meski demikian, kendaraan bertonase lebih dari 8 ton disarankan tak melintas di jembatan yang terkenal dengan sebutan jembatan patah ini. 

"Masyarakat diminta lebih memahami kondisi jembatan. Diharapkan tidak melintasi jembatan dengan beban berat yang berlebih. Tahu dirilah karena lantai jembatan yang masih berbahan kayu," ucapnya.

Saat ini petugas hanya tinggal menyelesaikan pemasangan bantalan ban jembatan. Petugas berupaya segera menyelesaikannya tepat waktu, sehingga jembatan dapat dilalui kembali oleh masyarakat.  "Ini demi kelancaran masyarakat dalam beraktivitas dan kenyamanan bersama serta demi usia jembatan," ujarnya. 

Pihak DPUPRPRKP Kotim tak bisa menindak secara tegas para sopir yang tetap bandel melewati jembatan. Sebab menurutnya, hal tersebut ranah pihak penegak hukum. 

DPUPRPRKP Kotim hanya sebatas perbaikan bila terjadi kerusakan, sedangkan fungsi pengawasan hanya di batas mengawasi kualitas jembatan dengan memperingatkan melalui rambu larangan melintas bagi kendaraan dengan berat berlebih. 

Jembatan Kapten Mulyono Sampit merupakan tipe jembatan semi permanen. Berangka besi namun masih beralaskan kayu ulin. Jembatan ini diperuntukkan bagi kendaraan bertonase di bawah 6 ton. 

Namun karena rusaknya Jalan Lingkar Kota Selatan, jalan khusus kendaraan berat, para sopir terpaksa melewati jembatan tersebut. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru