Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DTPHP Klaim Produksi Beras Kalteng Meningkat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 September 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai produksi beras Kalteng meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

"Pembangunan sektor pertanian di provinsi ini telah mengalami perkembanga yang cukup signifikan, terutama dalam hal produksi beras," tutur Kepala DTPHP Kalteng, Sunarti.

Diakuinya, produksi beras Kalteng sudah semakin meningkat seiring dengan terealisasinya sejumlah perluasan lahan pertanian, khususnya luas tanam.

Peningkatan luas tanam tersebut dibarengi dengan kenaikan indeks pertanaman, yang kemudian juga berdampak baik terhadap produksi beras.

“Penen padi sekarang meningkat karena produktivitas sawahnya bagus. Dari peningkatan itu, secara otomatis produksi beras yang dihasilkan dalam satu tahun juga meningkat,” katanya.

Meski tidak merinci jumlah peningkatan tersebut, namun Sunarti menyatakan peningkatan produksi ini dapat dilihat dari jumlah panen petani. 

Jika sebelumnya indeks pertanaman hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun, sekarang penambahan penanaman sudah bisa dilakukan dua kali dalam satu tahun.

“Perempumaannya seperti ini, misalkan semula yang dihasilkan hanya empat ton, tapi karena sudah bisa dua kali, maka yang dihasilkan menjadi delapan ton,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru