Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Pencari Keadilan Manfaatkan Layanan Wisma Prodeo di Pengadilan Agama Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 09 September 2021 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Salah satu layanan inovasi di Pengadilan Agama Muara Teweh adalah tersedianya Wisma prodeo atau penginapan gratis bagi para warga masyarakat pencari keadilan.

Layanan ini kembali menemukan fungsi efektifnya ketika sebagian wilayah di Kabupaten Barito Utara Tergenang oleh banjir.

Banjir di daerah ini bisa dikatakan banjir musiman akibat meluapnya DAS Barito hingga menenggelamkan sebagian besar rumah penduduk, akses jalan dan fasilitas umum lainnya

Sudji (77 tahun) warga Desa Tumpung Laung Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara yang memanfaatkan fasilitas Wisma Prodeo ini. Sudji bersama anak dan cucunya datang ke Pengadilan Agama Muara Teweh sejak Minggu, 5 September 2021 lalu untuk menghadiri persidangan yang dijadwalkan pada Selasa, 7 September 2021.

Dikatakan Sudji, bahwa kedatangannya untuk menginap disini disebabkan akses jalan menuju kampung halamannya saat ini digenangi banjir besar, sehingga transportasi darat yang biasa ia digunakan tidak bisa difungsikan, sementara transportasi umum melalui sungai juga terbatas.

“Saat ini di kampung saya Desa Tumpung Laung sedang banjir besar, beberapa ruas jalan terputus hingga tidak bisa dilewati transportasi darat. Hari Selasa kemarin, saya ada jadwal sidang disini, sehingga saya memilih lebih baik menginap disini. Saya datang sudah sejak hari minggu yang lalu, dan disini kemungkinan hingga hari Kamis yang akan datang menunggu surutnya air Sungai Barit,o” jelasnya.

Ia juga mengatakan sebagai warga pencari keadilan, sangat terbantu dengan adanya fasilitas layanan ini Wisma Prodeo ini yang diberikan secara gratis atau cuma-cuma dengan fasilitas yang memadai.

“Mengingat kampung saya yang begitu jauh dari sini dan sulitnya transportasi saat banjir seperti sekarang ini, layanan wisma ini sangat dirasakan betul manfaatnya bagi warga masyarakat yang mencari keadilan,” kesannya.

Desa Tumpung Laung Kecamatan Montallat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Jarak ibu kota kecamatan dengan ibu kota kabupaten (Muara Teweh) kurang lebih 122 km.

Dengan tersedianya inovasi layanan di Pengadilan Agama Muara Teweh berupa Wisma Prodeo diperuntukkan bagi pengguna peradilan. Khususnya bagi mereka yang mempunyai keterbatasan akses ke satuan kerja PA Muara Teweh.

Berita Terbaru