Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FKUB Kapuas dan Kemenag Ingatkan Pentingnya Menjaga Kerukunan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 September 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas bersama jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas telah melakukan pembinaan kerukunan umat beragama di Kecamatan Tamban Catur.

Ketua FKUB Kapuas, Muchtar Ruslan dalam kegiatan itu mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan. Di sinilah tugasnya dibantu pemerintah melalui Kementerian Agama, pemerintah daerah sampai tingkat Kecamatan bahkan pemerintah desa juga andil dalam menjaga kerukunan umat beragama.

“Inilah salah stugas FKUB Kapuas untuk mempertahankan kerukunan dengan cara turun langsung ke tingkat bawah yaitu kecamatan untuk saling berbagi informasi dan bertukar pikiran bagaimana kondisi umat dan masyarakat di wilayah Kecamatan Tamban Catur, kita yakin bisa mempertahankan kerukunan, umat beragama rukun Kapuas damai,” katanya, Sabtu 11 September 2021.

Wakil Sekretaris FKUB Kapuas, Nabchan menambahkan peran FKUB dalam menjaga kerukunan dimulai dengan pembinaan di kecamatan tidak hanya di Kecamatan Tamban Catur.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya FKUB Kapuas membantu pemerintah dalam menciptakan kerukunan dan kedamaian untuk seluruh umat beragama selain itu kegiatan ini bertujuan menjalin silaturrahim, memperkuat kerukunan hingga bisa dirasakan sampai kepedesaan," harapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kapuas, Hamidhan menyampaikan pondasi dalam menjaga kerukunan melalui pemahaman moderasi beragama yang mana moderasi beragama menuntun untuk saling menghargai antar sesama manusia, terlepas dari agama, ras, suku dan golongan apapun.

“Intinya moderasi beragama akan melahirkan komitmen dan sikap batin yang kuat untuk saling menjaga sesama serta menjadi pondasi bersama dalam pembangunan bangsa," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru