Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Prokes dan Vaksinasi Dinilai Meningkat

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 September 2021 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol K Eko Saputro menilai, kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin protokol kesehatan atau prokes dalam mencegah penularan Covid-19 sudah meningkat. Demikian halnya dengan vaksinasi sebagai upaya membentuk kekebalan kelompok.

"Sekarang, masyarakat semakin sadar tentang protokol kesehatan dan vaksinasi," katanya. 

Dia menuturkan, meningkatnya kesadaran masyarakat tidak lepas dari imbauan yang selalu disampaikan, baik oleh kepolisian, pemerintah maupun instansi lainnya. Mulai dari pentingnya menggunakan masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan lain-lain. Termasuk, berkat digelarnya Operasi Yustisi hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. 

Kabid humas juga menilai bahwa PPKM level 4 sangat efektif dalam mencegah penularan virus tersebut. "Angka penyebaran Covid-19 menurun. Jadi, PPKM berarti efektif," ungkapnya. 

Dia melanjutkan, program percepatan vaksinasi masih terus dilakukan. Target perhari sebagaimana permintaan pusat adalah 2 juta. Oleh sebab itu, untuk bisa mewujudkan hal tersebut, pihaknya mendirikan Batalyon Vaksinator yang personel di dalamnya diterjunkan langsung membantu mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Meski dinilai sudah meningkat, ia tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan prokes, termasuk jika sudah menjalani vaksinasi.

Sementara itu, sampai sejauh ini, vaksinasi masih terus diberikan. Seperti pada Sabtu, 11 September 2021, vaksinasi digelar di Puskesmas Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Vaksinasi itu juga mendapatkan pengawasan oleh Kapolsek Bukit Batu, Ipda Dedi Satria bersama personelnya. Langkah itu dilakukan untuk memastikan vaksinasi berjalan lancar sesuai protokol kesehatan. 

Selanjutnya, berdasarkan data dari Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalteng, vaksinasi di Bumi Tambun Bungai sudah mencapai 28,16 persen.

“Target vaksinasi sebesar 2.086.905, realisasi vaksinasi tahap I yakni 587.621 atau sebesar 28,16 persen,” kata Ketua Satgas Sugianto Sabran melalui Kepala Bagian Kehumasan Satgas Agus Siswadi.

Sedangkan capaian vaksinasi Tahap II sudah 362.736 orang atau sebesar 17,38 persen. Vaksinasi tahap III untuk tenaga kesehatan juga sudah mencapai 68,88 persen dari total target 20.875 orang. (BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru