Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Titik Beratkan 4 Faktor Penyebab Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 16 September 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Upaya menangani penyebab langsung masalah stunting, Pemkab Sukamara menitikberatkan sebanyak empat faktor yang perlu dilakukan penanganan.  

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa kepedulian masyarakat sangat penting dalam mengoptimalkan penanggulangan stunting secara bersama-sama.

"Dan dalam upaya menangani penyebab langsung masalah stunting ini, maka kita akan lebih menitikberatkan pada beberapa faktor penanganannya," kata Windu Subagio, Kamis, 16 September 2021.

Lanjutnya, faktor-faktor tersebut mulai dari ketahanan pangan khususnya akses terhadap pangan bergizi, faktor lingkungan sosial yang terkait dengan praktik pengasuhan bayi dan balita, faktor akses terhadap pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan pengobatan.

"Juga faktor kesehatan lingkungan yang meliputi Tersedianya sarana air bersih dan sanitasi serta pengelolaan sampah yang layak," tuturnya.

Menurut dia, keempat faktor tersebutlah yang sangat berpengaruh terhadap pasukan gizi dan status kesehatan ibu dan anak, di samping dukungan lintas sektor yang memberikan sumbangan sebesar 70 persen terhadap angka prevalensi stunting melalui pembangunan sanitasi air bersih, penyediaan pangan yang aman dan bergizi, dan kepedulian masyarakat.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh perangkat daerah beserta jajaran, para camat, unsur pemerintahan desa, pihak swasta dan seluruh komponen masyarakat untuk ikut dalam mengatasi hal tersebut," pinta Windu. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru