Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dorong Pemda Maksimalkan Pengelolaan Situs Budaya

  • Oleh Donny Damara
  • 26 September 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mendorong pemerintah melalui instasi terkait supaya memaksimalkan pengelolaan situs budaya di masing-masing daerahnya.

Menurut Kuwu, memaksimalkan pengelolaan situs budaya selain untuk melestarikannya agar tetap bisa bertahan dan tak hilang ditelan perkembangan zaman. Selain itu situs budaya dapat dijadikan sebagai tujuan wisata, sehingga akan memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat sekitar.

"Banyak situs budaya di Kalteng yang masih belum dikelola secara maksimal. Harapan kita potensi ini dapat menjadi perhatian masing-masing pemda agar lebih gencar lagi dalam mengelolanya," kata Kuwu, Minggu, 26 September 2021.

Dia menyebutkan, dalam mengelola situs budaya tentunya ada banyak yang harus diperhatikan seperti berbagai fasilitas atau akses pendukung supaya dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satu contohnya ketersediaan jalan yang memadai menuju situs budaya tersebut atau sarana dan prasarana lainnya.

Dia menambahkan, potensi setiap daerah di Kalteng yang memiliki situs budaya sangatlah besar untuk dapat menghasilkan PAD dari pengelolaan peninggalan sejarah tersebut jika dijadikan objek wisata budaya.

"Seperti di Kabupaten Gunung Mas yakni Situs Tambun Bungai dan Upun Batu Puruk Amai Rawang. Kedua situs budaya ini merupakan aset yang dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata, tentu banyak hal positif yang akan didapatkan baik itu untuk PAD ataupun kesejahteraan masyarakat sekitar," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru