Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD di Kotim Harus Terus Ditingkatkan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 27 September 2021 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kompetensi tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kotawaringin Timur dinilai perlu terus ditingkatkan. Hal ini karena tonggak awal pendidikan sebelum pendidikan dasar adalah di PAUD. 

Bunda PAUD Kotim, Khairiah Halikinnor menjelaskan tonggak awal pendidikan adalah sejak usia dini. Menurutnya, penanaman karakter dan pengasuhan yang positif sejak usia dini dapat menjadi bekal bagi anak untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

"Sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi para pendidik agar dapat melayani anak-anak yang menjadi peserta didik secara maksimal," kata Khairiah, Senin, 27 September 2021. 

Melalui kegiatan yang berkualitas seperti seminar, diklat, pelatihan, dan lain tenaga pendidik PAUD diharapkan mampu membuka wawasan. Sehingga mampu menjadi tenaga yang lebih kreatif bagi anak-anak. 

Kendati demikian pendidikan anak usia dini tidak hanya tanggung jawab pendidik semata. Namun perlu peran serta orang tua.

Ia pun mengajak para orang tua untuk bersinergi dengan pihak sekolah dan pendidik dalam memberikan pendidikan pada anak. 

"Waktu anak di sekolah atau satuan pendidikan hanya sebentar, selebihnya dihabiskan bersama orang tua atau keluarganya," katanya. 

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan pembelajaran yang semula dilaksanakan di sekolah telah dibatasi. Membuat para pendidik kurang optimal dalam memberikan layanan pada anak. 

Sementara itu di sisi lain, usia dini merupakan masa keemasan yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Sebab itu pada masa ini diperlukan, pengasuhan dan pendidikan yang tepat. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru