Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Ingatkan PBS Supaya Reklamasi Lahan yang Gundul

  • Oleh Donny Damara
  • 28 September 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Yulilis kembali mengingatkan kepada para pengusaha pemilik PBS supaya dapat mereklamasikan kembali lahan yang sudah gundul akibat aktivitas perusahaan.

Dia mengatakan reklamasi atau reboisasi sangat penting guna menghijaukan kembali lahan yang sudah dikeruk sumber daya alamnya serta sebagai tempat resapan air untuk menghindari berbagai bencana salah satunya banjir.

"Tidak bisa kita pungkiri pembukaan lahan oleh PBS baik itu pertambangan, sawit serta kayu memberikan dampak negatif pada lingkungan. Jadi sudah seharusnya setelah selesai produksi lahan yang sudah gundul ditanami kembali," ujarnya Selasa, 27 September 2021.

Dijelaskannya jangan sampai PBS dalam hal ini mengabaikan kewajiban tersebut. Sebab di dalam izin yang diberikan pada ketika membuka usaha, perusahaan wajib untuk mereklamasikan kembali lahan setelah selesai beraktivitas.

Selain itu dia meminta pemerintah pusat maupun daerah supaya konsisten untuk membatasi pemberian perizinan pembukaan lahan bagi perusahaan pertambangan, sawit dan kayu. Sebab, Kalteng membutuhkan hutan sebagai tempat serapan air serta penyeimbang ekosistem.

"Karena selama ini pemberian izin bagi perusahaan pertambangan, sawit dan kayu tidak seimbang dengan reklamasi yang dilakukan. Jadi perlu ada pembatasan untuk memulihkan ekosistem alam yang ada agar dampak buruk yang terjadi pada lingkungan bisa diminimalisir," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru