Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim: Kepala SOPD Harus Lebih Ketat dalam Pengawasan Keuangan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Oktober 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor meminta kepada seluruh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar serius dan lebih ketat dalam pengawasan keuangan. 

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpanan dan penggunaan keuangan sesuai aturan, sehingga dapat menghindari korupsi dan juga mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

"Pengawasan keuangan harus lebih ketat, dan lebih awal. Diawasi terus hingga jajaran bawah, karena jika ada satu saja yang tidak bagus, maka berdampak terhadap keseluruhan," ujarnya, Rabu 06 September 2021. 

Dia mencontoh dinas kesehatan yang membawahi puskesmas, sehingga pengawasan harus lebih intensif agar penggunaan anggaran lebih tepat dan sesuai aturan. 

Efesiensi anggaran juga sangat diperlukan.  Azas manfaat juga harus dikedepankan, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda daerah dan negara ini, sehingga pengelolaan keuangan lebih tepat sasaran. 

"Saya minta jangan sampai ada celah penyalahgunaan keuangan, sehingga perlu pengawasan intens," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru