Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

27 Personel Komcad kembali ke Kodim Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Oktober 2021 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah selesai melaksanakan pendidikan selama 3 bulan di Rindam XII  Tanjungpura sebanyak 27 personel Komponen Cadangan (Komcad) TNI AD telah kembali ke Kodim 1014 Pangkalan Bun. 

Kembalinya 27 personel Komcad ke Kodim 1014 Pangkalan Bun ini nantinya akan dikembalikan ke tempat tinggal mereka masing - masing. 

Pasi Pers Kodim 1014 Pangkalan Bun Kapten Inf Abdul Karim Pellu menyambut kedatangan personel Komcad dan menyampaikan pesan kepada anggota Komcad untuk bisa menjaga nama baik diri sendiri, maupun almamater Komcad dan TNI setelah kembali ke masyarakat. 

"Kalian sebagai Komponen Cadangan sudah kontrak dengan negara, dan siap dipanggil kapan saja untuk membela kedaulatan NKRI, pesan saya jaga nama baik diri kalian, jaga nama baik keluarga, dan jaga nama baik TNI," katanya, Selasa 12 Oktober 2021. 

Dia menegaskan atribut dan senjata hanya digunakan untuk keperluan latihan di lembaga pendidikan, sehingga, perlengkapan tersebut dikembalikan setelah pelatihan berakhir. "Ya, benar seluruh atribut dan juga senjata semua dikembalikan," ujarnya. 

Dia mengatakan para Komcad kembali menjadi warga negara sesuai profesi masing-masing saat masa tidak aktif, sehingga tidak diperkenankan membawa atribut kemiliteran. 

Komcad dapat kembali menggunakan peralatan dan perlengkapannya saat masa aktif baik saat latihan penyegaran yang diselenggarakan setahun sekali di lembaga pendidikan, atau saat mobilisasi yang dilakukan oleh Presiden dengan persetujuan DPR, dan di bawah komando Panglima TNI ketika negara dalam keadaan darurat militer untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI. 

"Pada masa tidak aktif, komcad kembali ke profesi semula, yang karyawan kembali bekerja, yang mahasiswa kembali ke kampus dan tentu tidak memakai atribut tertentu," tuturnya. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo, telah menetapkan 3.103 anggota Komcad Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus di Bandung Barat, Jawa Barat, Ini merupakan gelombang pertama dan seluruhnya matra Angkatan Darat.

Mereka sebelumnya mendaftar secara sukarela pada 17-31 Mei 2021, mengikuti seleksi 1-17 Juni, pelatihan dasar kemiliteran 21 Juni-18 September 2021. 

Berita Terbaru